Bea Cukai Kediri Awasi Pengolahan Kembali Cukai Hasil Tembakau

Share Artikel :

Kediri (28/02/2019) - Bea Cukai Kediri melakukan kegiatan pengawasan atas pengolahan kembali barang kena cukai hasil tembakau atau rokok di PT Gudang Garam Tbk Kota Kediri. Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 18 sampai 28 Februari 2019. Rokok yang diolah kembali sebanyak 76 juta batang dengan jenis sigaret kretek tangan, sigaret kretek mesin dan klobot merk Gudang Garam.

Kukuh Priyono Kepala Subseksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai II mengatakan Bea Cukai melakukan pengawasan sejak barang kena cukai tersebut ditarik kembali dari peredaran bebas pada Januari, proses pengolahan kembali dengan dipisahkan rokok dari kemasannya serta dirusak pita cukainya, lalu kemudian rokok tersebut dipindahkan ke kemasan baru atau diproduksi ulang menjadi rokok yang baru. Kemasan dan pita cukai yang telah dirusak tersebut kemudian di press dan dibakar hingga tidak dapat digunakan kembali.

“Kegiatan yang dilakukan Bea Cukai Kediri ini berdasarkan dengan Peraturan Direktur Jenderal Bea Cukai Nomor 34 Tahun 2013 tentang pengolahan kembali atau pemusnahan barang kena cukai yang dibuat di Indonesia dalam rangka pengembalian cukai,” ujarnya.

Beliau menambahkan hasil dari pengawasan pengolahan kembali barang kena cukai ini akan dibuatkan berita acara (BACK-3) untuk diteruskan kepada Kepala Kantor Wilayah.