Bea Cukai Kediri Berikan Bimbingan Kepabeanan Kepada Calon TKI

Share Artikel :

Kediri (25-02-2019) – Bea Cukai Kediri kembali bersinergi dengan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kediri dan Kantor Imigrasi Kediri guna melakukan bimbingan kepada calon TKI di Desa Kedungsari, Kecamatan Tarokan. Penyuluhan ini dihadiri oleh sekitar 100 orang calon tenaga kerja Indonesia (TKI) yang mayoritasnya adalah perempuan. Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memberikan informasi terkait aturan kepabeanan dan mencegah TKI ilegal.

Hendratno selaku Kasubsi Layanan Informasi Bea Cukai Kediri, menyampaikan materi seputar Ketentuan kepabeanan, barang kiriman serta barang bawaan penumpang. Beliau mengatakan bahwa materi ini disampaikan karena banyak barang kiriman dari luar negeri yang masuk di Kantor Pos Lalu Bea Kediri berasal dari TKI yang bekerja disana dan dikirimkan untuk keluarga mereka.

“Banyak dari TKI yang mengirimkan barangnya untuk keluarga, tapi belum tahu tentang ketentuan kepabeanan, hingga mereka merasa dirugikan jika barang kirimannya dikenakan bea masuk dan pajak impor,” ujarnya.

Beliau menghimbau untuk para calon TKI yang hadir dalam kegiatan tersebut supaya memahami betul aturan kepabeanan sebelum mereka melakukan pengiriman barang dari luar negeri.

“sesuai Peraturan Menteri Keuangan nomor 112/PMK.04/2018 batas pembebasan bea masuk dan pajak impor barang kiriman dari luar negeri sebesar USD 75, jika melebihi nilai batas tersebut akan dikenakan bea masuk dan pajak impor dari nilai barangnya,” ucapnya.

“Jika bapak atau ibu masih belum paham dengan aturan tersebut, dan nanti saat diluar negeri mau mengirim barang ke Indonesia, silahkan hubungi ke hotline kami Bea Cukai Kediri di nomor 081335672009,” tuturnya.