Bea Cukai Kediri Berikan Bimbingan Kepatuhan Kepada Pengusaha MMEA

Share Artikel :

Kediri (09/05/2018) - Minuman mengandung etil alkohol merupakan barang kena cukai yang konsumsinya perlu dikendalikan, peredarannya perlu diawasi karena pemakaiannya dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat. Pemahaman para pengusaha penyalur atau penjual eceran minuman mengandung etil alkohol masih kurang terkait ketentuan cukai terutama pencatatan barang kena cukai, oleh karena itu Bea Cukai Kediri memberikan bimbingan kepatuhan kepada para pengusaha tersebut.

Tim Penyuluhan dan Layanan Informasi yang dipimpin oleh Adiek Marga Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi mendatangi langsung tiga tempat pengusaha penyalur atau penjual MMEA pada Rabu 9 Mei 2018, dan memberikan bimbingan terkait kewajiban pencatatan sesuai Peraturan Menteri Keuangan NOMOR 110/PMK.04/2008. Dari tiga lokasi tersebut hanya satu pengusaha yang menjalankan kewajiban pencatatan dengan benar sesuai ketentuan dan rutin dilaporkan ke Kantor Bea Cukai Kediri, sedangkan dua pengusaha yang lain belum melakukan pencatatan dengan baik. Adiek Marga menyampaikan kepada dua pengusaha yang belum menjalankan kewajibannya agar berkomitmen melaksanakan pencatatan dengan baik. “Setelah kami tim penyuluhan memberikan bimbingan, kami mau anda berkomitmen untuk menjalankan kewajiban pencatatan persediaan ini sesuai ketentuan dan dilaporkan tiap bulannya ke kantor,” ujar Adiek Marga kepada pengusaha penyalur MMEA.

Selain itu tim penyuluhan pun mendengarkan masukan serta keluhan dari para pengusaha minuman mengandung etil alkohol terkait pelayanan Bea Cukai. Dua pengusaha meminta bimbingan juga terkait masa berlaku NPPBKC mereka yang akan habis tahun ini, dan tim penyuluhan pun memberikan bimbingan hal tersebut. “Jika ada kesulitan dalam proses perpanjangan NPPBKC, jangan sungkan untuk hubungi kami dan minta bantuan kami,” tutur Adiek Marga.

Setelah dilakukan kegiatan bimbingan kepada tiga pengusaha penyalur atau penjual eceran minuman mengandung etil alkohol tersebut, Bea Cukai Kediri berkomitmen untuk terus mengawasi dan memberikan bimbingan kepatuhan agar pengusaha minuman mengandung etil alkohol di wilayah kerja Bea Cukai Kediri menjalankan usahanya sesuai ketentuan.