Bea Cukai Kediri Gencar Lakukan Bimbingan Kewajiban Pencatatan Barang Kena Cukai

Share Artikel :

Kediri (29/01/2019) – Tim Penyuluhan Bea Cukai Kediri kembali melaksanakan kegiatan bimbingan terkait kewajiban pencatatan kepada pabrik rokok skala kecil. Kegiatan yang dilaksanakan di Pos Bantu Bea Cukai Nganjuk ini dihadiri oleh tiga Pabrik Rokok skala kecil yang berada di wilayah Kabupaten Nganjuk.

Hendratno Kepala Subseksi Layanan Informasi menjelaskan bahwa kewajiban pencatatan ini diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 94 tahun 2018 dan diwajibkan bagi Pabrik Rokok skala kecil, Penyalur minuman mengandung etil alkohol skala kecil, serta Pengusaha Tempat Penjual Eceran etil alkohol dan  minuman mengandung etil alkohol skala kecil, dan dilaporkan kepada Kantor Bea Cukai setiap tiga bulan.

Tim penyuluhan Bea Cukai Kediri memberikan bimbingan dengan melakukan simulasi secara langsung menggunakan aplikasi microsoft excel dan juga diberikan bimbingan pencatatan secara manual, selain itu diberikan juga softcopy format pencatatan dan laporan dalam bentuk microsoft excel untuk memudahkan dalam pengerjaan.

“Kendala yang ada di Pengusaha Pabrik Rokok skala kecil, beberapa belum bisa menggunakan pencatatan secara terkomputerisasi dan pencatatan menggunakan manual biasanya tidak terlalu rapi,” ujar Hendratno

Hendratno menambahkan rekapitulasi hasil pencatatan dilakukan setiap hari dan harus dilaporkan setiap tiga bulan, untuk periode Januari sampai dengan Maret dilaporkan paling lambat tanggal lima belas bulan April.

Terakhir Hendratno menjelaskan bahwa Bea Cukai Kediri akan terus melakukan bimbingan terkait kewajiban pencatatan kepada seluruh Pabrik Rokok skala kecil, Penyalur minuman mengandung etil alkohol skala kecil, serta Pengusaha Tempat Penjual Eceran etil alkohol dan  minuman mengandung etil alkohol skala kecil di wilayah kerjanya, agar mereka dapat melakukan kewajibannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.