Bea Cukai Kediri On The Street

Share Artikel :

Bea Cukai Kediri mengadakan kegiatan untuk memperingati “Hari Anti Korupsi Sedunia” dengan kemasan yang sedikit berbeda. Pada tanggal 9 Desember 2017 di hari Sabtu malam Minggu , dengan tajuk “Cangkruk Bareng Gen Zaman Now”, Bea Cukai Kediri mengadakan “Bea Cukai On the Street”  dengan lokasi bertempat di lapangan parkir Stadion Brawijaya atau di depan “Juice 22”. Acara ini terselenggara berkat kerja sama dengan KMK (Komunitas Musik Kediri) selaku Event Organizer  (EO).

Ide dari penyelenggaraan kegiatan “Cangkruk Bareng Gen Zaman Now” ini berasal dari Bapak Suryana selaku Kepala Kantor Bea Cukai Kediri. Beliau ingin Bea Cukai Kediri lebih dekat dan lebih dikenal oleh masyarakat luas khususnya di Kediri, sehingga acara talk show yang biasanya dilaksanakan di tempat tertutup kali ini diselenggarakan di tempat terbuka atau out door Prioritas peserta dalam acara ini adalah anak-anak muda jaman milenia atau biasa disebut “kids jaman now” dengan harapan mereka bisa menjadi generasi muda yang nantinya bisa berkarya untuk bangsa dan juga berintegritas. Turut hadir juga sebagai undangan bapak Agus Hermawan selaku Kakanwil DJBC Jawa Timur 2 Malang beserta rombongan sebanyak 5 (lima) orang.

Kegiatan tersebut dimulai tepat pukul 19.00 dengan penampilan salah satu group musik dari kota Kediri sebagai pembuka. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Suryana selaku Kepala Kantor Bea Cukai Kediri dan diteruskan oleh sambutan Bapak Kakanwil sekaligus sebagai penanda dibukanya kegiatan “Cangkruk Bareng Gen Zaman Now”. Setelah sambutan, dilanjutkan dengan penampilan  “Decky and Friends” yang kali ini menjadi band utama dan menjadi pengiring lagu “Say No Korupsi” yang dinyanyikan kembali oleh rekan-rekan pegawai dari Kantor Bea Cukai Kediri.  Untuk diketahui bahwa, lagu “Say No Korupsi” adalah lagu yang menjadi pemenang Lomba Cipta Lagu di Hari Anti Korupsi tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Kantor Bea Cukai Kediri, lagu ini diciptakan dan dibawakan oleh “Chemistry Band” dari kota Kediri.

Acara inti dari kegiatan ini adalah dialog interaktif dengan tema utama adalah “Bergerak Bersama Memberantas Korupsi, Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”. Selain tema utama tersebut, dialog ini juga mengetengahkan pembahasan tentang tugas dan fungsi Bea Cukai secara umum, kampanye “Stop Rokok Ilegal” dan ketentuan larangan dan pembatasan barang kiriman pos. Sebagai narasumber dalam dialog interaktif ini adalah : Bapak Ahmad Ghozali untuk pembahasan tentang tema “Anti Korupsi”, Bapak Adiek Marga Rahardja untuk tema “Stop Rokok Ilegal, Bapak Hendratno Argosasmito untuk penjelasan tentang tugas dan fungsi Bea Cukai secara umum dan Ibu Tita Puspita Lundiana untuk ketentuan larangan dan pembatsan barang kiriman pos.  Sebagai pemandu atau moderator untuk acara ini adalah saudara Fadil dari Radio Brass FM Kediri

Supaya acara bisa menarik dan lebih berinteraksi dengan para peserta, moderator membuat semacam kuis dengan pertanyaan-pertanyaan yang sudah disiapkan untuk dilempar kepada para peserta. Bagi yang berhasil menjawab, diberikan hadiah berupa cindera mata yang menarik dari Bea Cukai Kediri. Selain melempar pertanyaan, tak lupa moderator juga memberikan kesempatan kepada beberapa peserta untuk mengajukan pertanyaan atau masukan yang berkenaan dengan tema acara tersebut. Antusias dari para peserta ditunjukkan dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber.

Sebagai penutup dari acara ini adalah penampilan dari “Dangdut Akustik” yang mengemas musik dangdut berpadu dengan alat musik akustik.  Tak lupa lagu “Terlena” yang merupakan salah satu slogan kampanye “Stop Rokok Ilegal” juga dibawakan sebagai lagu penutup. Tepat pada pukul 22.30 acara berakhir dan beberapa peserta berpendapat supaya acara seperti ini bisa diselenggarakan secara berkesinambungan.  Bea Cukai Kediri sebagai koordinator acara berharap masyarakat bisa lebih berpartisipasi dan berinteraksi dalam setiap kegiatan yang diadakan, dan tentunya bisa lebih membuka wawasan masyarakat tentang Bea Cukai.