Bea Cukai Kediri Peringati Hari Anti Korupsi Sedunia

Share Artikel :

Kediri (11/12/2018) - Hari Anti Korupsi sedunia yang jatuh tiap tanggal 9 Desember turut diperingati Kantor Bea Cukai Kediri. Serangkaian kegiatan telah dilaksanakan sejak Jumat (7/12) yaitu Gowes Bersama Komunitas Keuangan dan Jumat Berbagi Berkah Kepada pemullung di TPA Gunung Klotok. Hari Senin (10/12) diadakan Apel Luar Biasa dalam rangka Peringatan Hari Anti Korupsi yang diikuti seluruh pegawai. Dan puncak rangkaian kegiatan memperingati Hari Anti Korupsi tahun 2018 digelar hari ini (11/12) yaitu Deklarasi Anti Korupsi dan dihadiri oleh Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar, Kepala Kanwil DJBC Jatim II Agus Hermawan, tamu undangan dan pegawai Bea Cukai Kediri.

Pada acara Deklarari Anti Korupsi Kepala Kanwil DJBC Jatim II Agus Hermawan dalam sambutannya memberi apresiasi kepada Bea Cukai Kediri yang telah mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi sejak 2012 dan dapat mempertahakannya hingga sekarang. Beliau juga berharap Wilayah Bebas Korupsi dapat menjadi budaya Kantor sehingga jika pimpinan dan pegawai Bea Cukai Kediri berganti, kebiasaan anti korupsi dapat terus dipertahankan.

Selanjutnya Walikota Kediri yang akrab disapa Mas Abu dalam sambutannya mengajak Bea Cukai untuk bersama membangun industri terutama IKM Kota Kediri dengan memberi fasilitas agar dapat meningkatkan pasarnya hingga ke luar negeri (ekspor). "Kota Kediri dikenal sebagai daerah penghasil tembakau, tapi industri lain juga tetap kita dorong, dengan fasilitas yang ada dari Bea Cukai dan program Pemerintah untuk mendorong ekspor kita berharap sinergi antara Pemda dan Bea Cukai dapat mendorong industri terutama IKM untuk meningkatkan pasarnya hingga ke luar negeri," ujarnya.

Selesai sesi sambutan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi anti korupsi, sebagai bentuk komitmen bersama untuk menolak korupsi. Tamu yang hadir juga dihibur dengan lawakan dari seniman lawak Cak Yudho dan Cak Genthong, serta penampilan Band Joglo yang merupakan grup musik bentukan pegawai Bea Cukai Kediri.

Selain itu acara ini juga diliput oleh rekan media JTV dan juga diadakan sesi talkshow yang diisi oleh Kepala Kanwil DJBC Jatim II Agus Hermawan dan Kepala Kantor Bea Cukai Kediri Suryana sebagai narasumber. Talkshow tersebut membahas tentang usaha yang telah dilakukan Direktorat Jenderal Bea Cukai dalam pemberantasan korupsi dan membangun integritas pegawai. Kepala Kantor Bea Cukai Kediri, Suryana berharap dengan rangkaian kegiatan ini dapat makin memupuk jiwa anti korupsi dalam diri tiap pegawai Bea Cukai, pengguna jasa, dan seluruh aparatur pemerintahan.