Bea Cukai Kediri bersinergi dengan Dinas Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Nganjuk

Share Artikel :

Kediri (15/11/2018) - mengadakan kegiatan talkshow yang dilaksanakan di Radio Krisna FM Nganjuk. Tema yang disampaikan yaitu tentang Cukai dan Perizinan Online Single Submission (OSS). Bertugas sebagai narasumber Adiek Marga Kepala Seksi Layanan Informasi Bea Cukai Kediri, dan Aris Kepala Bagian Perekonomian Kabupatten Nganjuk.

Cukai adalah pungutan negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat dan karakteristik tertentu, yaitu: komsumsinya perlu dikendalikan, peredarannya perlu diawasi, pemakaiannya dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat atau lingkungan hidup, atau pemakaiannya perlu pembebanan pungutan negara demi keadilan dan keseimbangan. Barang yang dikenai cukai terdiri dari 3 jenis, yaitu hasil tembakau, EA, dan MMEA.

Perizinan Online Single Submission (OSS) adalah aplikasi yang digunakan untuk segala proses registrasi dan pengajuan perizinan usaha serta pengajuan perizinan lainnya yang termasuk di dalam layanan perizinan berusaha menurut Peraturan Nomor 24 Tahun 2018. OSS ini bertujuan untuk lebih memberikan pelayanan dan kemudahan kepada masyarakat dalam bidang perizinan usaha.

Diharapkan dengan talkshow hari ini, masyarakat khususnya warga Nganjuk bisa menambah wawasan tentang Cukai dan Perizinan OSS.