Berpartisipasi di Car Free Day Langkah Bea Cukai Kediri Untuk Dekat Dengan Masyarakat

Share Artikel :

Kediri (13/05/2018) – Bea Cukai Kediri hadir dan memeriahkan kegiatan car free day Minggu tanggal 13 Mei 2018 di Kawasan Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri. Kegiatan ini diselenggarakan agar Instansi Bea Cukai Kediri dapat lebih dekat dan makin dikenal oleh masyarakat. Selain itu kegiatan ini juga untuk mengkampanyekan “Stop Rokok Ilegal” dan “Pahami Ketentuan Impor Barang Kiriman”.

Kegiatan ini dimulai dengan senam aerobik bersama yang diikuti oleh kurang lebih lima ratus orang masyarakat yang hadir di Kawasan Simpang Lima Gumul. Lalu dimeriahkan dengan tari barongan Kediri yang merupakan tarian khas dari Kediri dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk dapat menyaksikan serta berfoto dengan barongan tersebut. Hiburan musik dangdut pun semakin menambah ramai suasana kegiatan Car Free Day kemarin.

Di sela-sela acara Bea Cukai Kediri juga membagikan pengetahuan tentang Bea Cukai kepada masyarakat. Adiek Marga Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Menyampaikan tugas dan fungsi Bea Cukai secara umum, serta menjelaskan tentang profil Kantor Bea Cukai Kediri. “Instansi Bea Cukai sangat penting untuk masyarakat, karena salah satu fungsi utamanya yaitu melindungi masyarakat dari masuknya barang-barang berbahaya,” Ujar Adiek Marga. Lalu pengetahuan tentang ketentuan impor barang kiriman dan barang bawaan serta barang lartas (larangan dan pembatasan) juga disampaikan oleh Hendratno Kasubsi Layanan Informasi kepada masyarakat. “Masyarakat perlu memahami ketentuan impor barang kiriman, supaya tidak merasa dirugikan jika barang kirimannya dikenakan tarif bea masuk dan pajak impor,” tutur Hendratno. Selain itu pengetahuan tentang Cukai terutama cukai hasil tembakau serta rokok ilegal pun dibagikan, masyarakat terlihat antusias menerima pengetahuan tentang Bea Cukai dilihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada narasumber.

Disediakan juga booth foto agar masyarakat yang hadir dapat berfoto dan mengabadikan momen keseruan kegiatan ini, serta pegawai Bea Cukai yang mengenakan pakaian dinas pun jadi daya tarik untuk diajak berfoto. Kegiatan ini diakhiri dengan pembagian hadiah-hadiah yang telah disediakan dan pastinya bermanfaat juga untuk yang mendapatkan hadiah tersebut. “Kami berharap dengan semakin dekatnya Bea Cukai Kediri dengan masyarakat, kepercayaan dan pengetahuan masyarakat kepada Instansi Bea Cukai makin baik,” Kata Suryana Kepala Kantor Bea Cukai Kediri sekaligus menutup kegiatan.