Cegah Penipuan, Bea Cukai Kediri Gencarkan Penyuluhan Lewat Radio

Share Artikel :

Kediri (22/02/2019) – Maraknya pengaduan masyarakat terkait tindak pidana penipuan yang mengatasnamakan Bea Cukai membuat Kantor Bea Cukai Kediri melakukan giat menyebarkan informasi melalui media Radio. Kegiatan penyuluhan lewat Radio terkait masalah tersebut diadakan di Join FM Jombang dan Andika FM Kediri pada Kamis dan Jumat 21-22 Februari.

Adiek Marga Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi mengatakan bahwa tindak pidana penipuan yang mengatasnamakan Bea Cukai ada beberapa modus, diantaranya yaitu hadiah barang kiriman dari luar negeri dan lelang barang sitaan Bea Cukai.

“Biasanya pelaku penipuan ini menghubungi korban melalui telepon atau media sosial  mengaku sebagai Petugas Bea Cukai mengatakan bahwa barang kirimannya tertahan di Bea Cukai, lalu meminta transfer sejumlah uang ke rekening pribadi agar barangnya bisa keluar,” ujarnya.

Adiek menjelaskan bahwa jika ada kasus seperti ini dan meminta transfer ke rekening pribadi sudah dapat dipastikan bahwa itu adalah penipuan. Bea masuk dan pajak impor terkait barang kiriman dari luar negeri pembayarannya melalui e-billing, dengan memasukkan kode billing setelah menerima Surat Penetapan Pembayaran Bea Masuk, Cukai dan atau Pendapatan Pajak (SPPBMCP) dan Nomor E-billing serta Invoice dari PT Pos Indonesia, pembayaran tersebut akan langsung masuk ke kas negara.

Selain itu untuk modus penipuan barang lelang beliaumenegaskan bahwa Bea Cukai tidak pernah menjual barang lelang hasil sitaan melalui akun media sosial. Apalagi penjualan barang lelang dilakukan oleh orang yang mengaku pegawai Bea Cukai.

“Meskipun jika ada lelang yang mengatasnamakan Bea Cukai, prosesnya akan diumumkan melalui situs resmi Bea Cukai, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, atau Kementerian Keuangan,” ujarnya.

Adiek menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam penggunaan media sosial, jangan mudah tergiur dengan embel-embel barang murah atau hadiah, dan jika masyarakat memerlukan informasi terkait hal apapun yang mengatasnamakan Bea Cukai dapat langsung menghubungi hotline Bea Cukai Kediri di nomor 081335672009.