Customs Goes To Shool, Mengenalkan Bea Cukai Kepada Remaja

Share Artikel :

Kediri (27/02/2019) – Bea Cukai Kediri berkunjung ke SMA Negeri 2 Pare guna mengenalkan instansi Bea Cukai dan memberikan pemahaman terkait ketentuan kepabeanan serta cukai kepada generasi muda. Bertempat di ruang aula sekolah tersebut, kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 365 siswa. Materi yang disampaikan kepada para siswa yang hadir yaitu mengenai tugas dan fungsi Bea Cukai, pengenalan barang kena cukai, materi kepabeanan, serta tips dan trik masuk PKN STAN.

Hendratno, Kepala Subseksi Layanan Informasi yang membuka acara ini mengatakan bahwa Bea Cukai merupakan pelayan masyarakat, yang memberikan layanan seputar kepabeanan dan cukai. Tugas dan fungsi yaitu meningkatkan pertumbuhan industri dalam negeri,  mewujudkan iklim usaha dan investasi yang kondusif, melindungi masyarakat, industri dalam negeri, dan kepentingan nasional dari barang impor ekspor berbahaya, melakukan pengawasan kegiatan impor, ekspor dan kegiatan di bidang kepabeanan dan cukai lainnya secara efektif dan efisien, Membatasi, mengawasi, dan / atau mengendalikan produksi, peredaran dan konsumsi barang kena cukai, dan mengoptimalkan penerimaan negara dari bea masuk, bea keluar, dan cukai.

“Tujuan dari pengenaan pajak terhadap barang kena cukai supaya barang tersebut dapat diawasi dan dibatasi peredarannya, serta pengenaan bea masuk dan pajak impor terhadap barang impor maksudnya agar produk dalam negeri dapat tumbuh dan bersaing,” ujarnya.

Setelah materi kepabeanan dan cukai disampaikan, diberikan pengenalan tentang PKN STAN dan tips dan trik masuk PKN STAN. Materi tersebut disampaikan langsung oleh Mahasiswa PKN STAN yang sedang melakukan PKL (Praktik Kerja Lapangan) di Kantor Bea Cukai Kediri. Banyak dari siswa yang hadir tertarik untuk melanjutkan kuliah disana dilihat dari antusias mereka mendengarkan dan bertanya.

Hendratno menambahkan kegiatan Customs Goes To School ini diharapkan dapat memicu keinginan para generasi muda untuk tahu lebih banyak mengenai instansi Bea Cukai, dan memberikan referensi kepada mereka untuk melanjutkan kuliah di PKN STAN.