Dorong Potensi IKM Bea Cukai Kediri Sosialisasikan KITE IKM Langsung Kepada Pengusaha

Share Artikel :

Kediri (26/04/2018) – KITE IKM merupakan kebijakan ekonomi pemerintah yang diamanatkan kepada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, untuk mendukung dan memajukan industri kecil menengah agar dapat bersaing di pasar global. Sesuai dengan salah satu fungsi utama Direktorat Jenderal Bea dan Cukai meningkatkan pertumbuhan industri dalam negeri melalui pemberian fasilitas di bidang kepabeanan dan cukai yang tepat sasaran. Oleh karena itu Bea Cukai Kediri pun ikut mendorong potensi IKM di  Kota dan Kabupaten Kediri dengan memberikan penyuluhan langsung kepada pengusaha terkait fasilitas KITE IKM.

Kamis 26 April 2018 Bea Cukai Kediri mengadakan acara sosialisasi KITE IKM (kemudahan impor tujuan ekspor) dengan mengusung tema "Dari Kediri Menuju Pasar Internasional". Acara ini bertempat di ruang aula media center lantai 3 kantor Bea Cukai Kediri, dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota dan Kabupaten Kediri, kantor pajak, perbankan, serta pengusaha IKM di wilayah Kota dan Kabupaten Kediri.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Bea Cukai Kediri Suryana, beliau menyampaikan bahwa instansi pemerintahan terutama Bea Cukai di masa sekarang sudah banyak mengalami perubahan paradigma. “Bea Cukai saat ini adalah pelayan masyarakat, dan akan terus memfasilitasi industri termasuk Industri Kecil Menengah agar berkembang dan maju hingga mampu bersaing di pasar global, oleh karenanya pengusaha IKM jangan sungkan untuk bertanya atau berkonsultasi kepada Bea Cukai untuk mendapat fasilitas KITE IKM, dan Bea Cukai tidak memungut biaya satu rupiah pun untuk hal tersebut.” Kata Suryana dalam sambutannya.

Pemaparan materi KITE IKM disampaikan oleh Andyk Budi selaku Kepala Seksi Penyuluhan Bea Cukai Kediri. Dalam pemaparan materinya beliau menjelaskan fasilitas yang didapat oleh pengusaha jika sudah mendapat fasilitas KITE IKM berupa pembebasan tarif bea masuk, PPN, PPnBM atas impor bahan baku, mesin dan barang contoh yang selanjutnya barang impor tersebut digunakan untuk tujuan ekspor. “Banyak keuntungan yang bisa didapat oleh IKM melalui fasilitas KITE IKM ini, mulai dari penurunan biaya produksi, hingga daya saing di pasar internasional makin meningkat.” Kata Andyk Budi dalam pemaparan materinya.

Kegiatan ini berlangsung sekitar 2 jam, peserta  sosialisasi terlihat antusias mendengarkan materi yang disampaikan. Selesai pemaparan materi beberapa pertanyaan disampaikan oleh pengusaha IKM, salah satunya terkait dokumen persyaratan untuk mendapatkan fasilitas KITE IKM. Edi Suwandi Pelaksana Seksi Kepabeanan dan Cukai menjawab bahwa dokumen persyaratan cukup mudah karena setiap badan usaha pasti punya dokumen tersebut, antara lain TDI/IUI, NPWP & SPT PPh Wajib Pajak badan tahun terakhir, Sertifikat/Bukti sewa min 2 thn, disertai denah lokasi produksi & penyimpanan, Laporan keuangan tahun terakhir dan beberapa dokumen pokok lain. Sosialisasi ini diakhiri dengan makan siang bersama dan diskusi santai antar para peserta. Semua instansi yang hadir pada acara ini pun sepakat bersinergi untuk meningkatkan potensi IKM Kediri menuju pasar internasional.