Jelang Akhir Tahun Bea Cukai Monitoring Harga Jual Eceran Rokok

Share Artikel :

Kediri (14/12/2018) – Jelang pergantian tahun dan libur panjang Hari Raya Natal, Bea Cukai Kediri melakukan monitoring harga jual eceran rokok di wilayah Kabupaten Kediri dan Nganjuk. Kegiatan yang dilakukan sejak tanggal 10 sampai dengan 14 Desember 2018 ini selain untuk memantau harga jual eceran produk hasil tembakau , juga untuk pengawasan peredaran rokok ilegal di tengah masyarakat.

Tim Bea Cukai Kediri yang dipimpin oleh Sri Hardiwiyatno, Kasubsi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai mendatangi beberapa toko grosir, swalayan, dan warung kecil di 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Kunjang dan Kayen Kidul Kabupaten Kediri, serta Kecamatan Ngetos dan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Hardiwiyatno mengatakan 4 kecamatan tersebut merupakan daerah yang lokasinya dekat dengan kabupaten lain, dan diduga adanya rokok ilegal yang beredar disana.

Para penjual eceran rokok juga diberikan edukasi tentang ciri-ciri rokok ilegal agar mereka tidak menjual rokok tersebut. “Wilayah Kerja Bea Cukai Kediri merupakan salah satu penghasil rokok terbesar di Jawa Timur, para penjual rokok sangat perlu untuk diberikan edukasi terkait ciri-ciri rokok ilegal agar peredarannya dapat ditekan dan Pabrik Rokok tidak dirugikan,” ujar Hardiwiyatno.

Pada akhir kegiatan tersebut tak lupa dilakukan penempelan stiker Stop Rokok Ilegal di toko-toko yang telah didatangi sebagai bukti telah diberikannya sosialisasi dan sebagai upaya preventif agar tidak dijualnya rokok ilegal.