Konferensi Pers Capaian Kinerja 2018 dan Program Kerja 2019 Bea Cukai Kediri

Share Artikel :

Kediri (13/02/2019) – Bea Cukai Kediri menggelar konferensi pers terkait capaian kinerja 2018 dan program kerja 2019 dengan mengundang rekan media di wilayah Kediri dan sekitarnya. Acara yang diadakan di joglo sambung roso ini berlangsung santai dan dihadiri oleh 27 orang jurnalis dari berbagai media. Dalam konferensi pers tersebut Suryana, Kepala Kantor Bea Cukai Kediri mengatakan bahwa selain untuk mempublikasikan kinerja Kantor Bea Cukai Kediri,  acara ini juga bermaksud untuk lebih mengakrabkan dengan rekan media.

“Penerimaan Kantor Bea Cukai Kediri di tahun 2018 kemarin sebesar 18,48 Triliun atau tumbuh 8,86 dibandingkan tahun sebelumnya, Sektor cukai hasil tembakau masih menjadi penyumbang terbesar atas penerimaan tersebut,” ujar Suryana. Beliau menambahkan bahwa kontribusi penerimaan yang dikumpulkan Bea Cukai Kediri menyumbang sebanyak 8,9% dari total penerimaan Direktorat Jenderal Bea Cukai dalam skalan nasional.

“Untuk menjawab tantangan di tahun 2019 dan menyambut pertumbuhan industri di wilayah kerja Bea Cukai Kediri, program kerja di tahun ini kita akan mengoptimalkan fasilitas kepabeanan melalui bimbingan teknis kepabeanan, bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan Komunitas Keuangan,” tuturnya.

Lebih lanjut Suryana menjelaskan capaian di bidang pengawasan selama 2018 Bea Cukai Kediri berhasil melakukan 62 kali penindakan dengan potensi kerugian negara sebesar 197 juta. “Jumlah penindakan dibanding tahun sebelumnya memang turun, hal tersebut mengindikasikan bahwa upaya pencegahan dan sinergi dengan pemerintah daerah berhasil menekan peredaran barang ilegal,” ucapnya.

Dalam konferensi pers terbut juga dirilis barang hasil penindakan tahun 2018, yaitu rokok ilegal, minuman mengandung etil alkohol ilegal, cairan liquid ilegal, dan alat bantu seks (hasil tegahan barang kiriman dari luar negeri).