Membuka Ruang Informasi Tentang Hari Kepabeanan Internasional Lewat Talk Show Radio

Share Artikel :

Kediri (30/01/2019) - Informasi laksana seberkah cahaya di tengah kegelapan. Masih dalam rangkaian kegiatan di Hari Kepabeanan Internasional ke-67, Bea Cukai Kediri mengadakan kegiatan talk show di Radio Andika Kediri. Materi dalam talk show tersebut adalah “Hari Kepabeanan Internasional dan Barang Kiriman Pos dari dan ke luar negeri”. Suryana selaku Kepala Kantor Bea Cukai Kediri dan Adiek Marga Rahardja Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi langsung menjadi narasumber pada talk show tersebut

Pada sesi pertama, pembahasan lebih mengarah tentang Hari Kepabeanan Internasional dan wadah Bea Cukai internasional yaitu World Customs Organization (WCO). Topik menjadi lebih menarik saat membahas tema Hari Kepabeanan Internasional yaitu “SMART”. SMART selain memberi pesan harus cerdas atau pandai ternyata mempunyai makna yang Implisit yaitu “ Secure, Measureable, Automated, Risk Management Based dan Technology Driven “. Intinya dalam menjalankan tugas dan fungsinya, pegawai Bea Cukai harus aman, mempunyai tolak ukur, lebih reaktif , berdasarkan dengan manajemen resiko dan harus bisa mengelola teknologi.

Pada talk show tersebut juga disinggung tentang capaian penerimaan dari Kantor Bea Cukai Kediri yang pada tahun 2018 yang berhasil menembus 18,48 triliun rupiah  atau 103,01% dari target yang ditetapkan sebesar 17,94 triliun rupiah . Hal itu mengakibatkan pertumbuhan penerimaan sebesar 8,86% dibandungkan dengan tahun sebelumnya. Capaian lain yang patut diapresiasi dari Kantor Bea Cukai Kediri adalah Indeks Kepuasan Pengguna Jasa sebesar 4,96 dan merupakan hasil penilaian yang sangat obyektif.

Suryana juga memberikan pandangan bahwa, Bea Cukai Kediri juga selalu membuka pintu bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya terutama yang berorientasi ekspor.  Bea Cukai Kediri akan memberikan pendampingan pada mereka dengan memberikan informasi tentang fasilitas yang bisa didapat.

Sesi selanjutnya membahas tentang barang kiriman pos dari dan ke luar negeri. Pada sesi ini Adiek Marga mengulas tentang fasilitas pembebasan yang bisa diberikan untuk barang kiriman pos dari luar negeri. Pada PMK 112/PMK.04/2018 pembebasan bea masuk dan pajak bisa diberikan pada barang kiriman dengan harga di bawah USD 75.  Selain pembebasan, juga dibahas regulasi lain yang berkenaan dengan barang kiriman pos.

Talk show kali ini berjalan cukup interaktif dengan banyaknya pertanyaan dan respon positif dari para pendengar Radio Andika.  Di Akhir acara ada pesan khusus dari para narasumber supaya tidak gampang percaya bila mendapatkan telepon atau sms dari orang yang mengatasnamakan Bea Cukai dan meminta dana untuk ditransfer ke rekening pribadi.