Pantau Harga Jual Rokok, Bea Cukai Kediri Turun Ke Lapangan

Share Artikel :

Kediri (12/03/2019) -  Bea Cukai Kediri melakukan pemantauan perkembangan harga transaksi pasar (HTP) produk hasil tembakau pada tanggal 5, 6, 11, dan 12 Maret 2019. Kegiatan ini dilaksanakan di 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Sukomoro dan Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk, serta Kecamatan Kudu dan Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Kegiatan yang dilaksanakan oleh tim dari Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai ini merupakan agenda rutin tiap 3 bulan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 146/PMK.010/2017 Pasal 16 Ayat 1 bahwa Pejabat Bea dan Cukai melakukan pemantauan harga transaksi pasar di wilayah kerja masing-masing pada periode pemantauan tertentu.

Kukuh Priyono, Kepala Subseksi Hanggar Pabean dan Cukai II mengatakan bahwa pemantauan perkembangan harga transaksi pasar ini dilakukan dengan mendata produk hasil tembakau yang berada pada display atau etalase di Tempat Penjualan Eceran (TPE) yang meliputi toko modern atau toko tradisional pada bangunan permanen.

“Pemantauan harga transaksi pasar ini dilakukan dengan membandingkan harga transaksi pasar dengan harga jual eceran yang ada di pita cukai,” ujarnya.

Beliau menambahkan hasil pemantauan perkembangan harga transaksi pasar produk hasil tembakau ini akan dilaporkan kepada Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai sebagai laporan. Secara keseluruhan kegiatan ini berjalan dengan lancar.