Pengenalan Bea Cukai Kepada Pelajar SMA SMK di Wilayah Kediri

Share Artikel :

Kediri (04/05/2018) – Pelajar merupakan pemegang tongkat estafet masa depan bangsa, sebagai generasi penerus dimana mereka yang akan membawa bangsa ini menuju ke arah yang lebih baik. Para pelajar perlu diberi bekal sejak dini pengenalan instansi pemerintahan sekaligus fungsi instansi tersebut agar mereka mampu memahami struktur pemerintahan dan tugas pemerintah untuk masyarakat dan negara. Maka dari itu Bea Cukai Kediri mengadakan kegiatan perkenalan kepada pelajar yang diberi tema “Students Goes To Customs” pada Rabu 03 Mei 2018. Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Bea Cukai Mengundang para Ketua Osis beserta guru SMA dan SMK di wilayah Kota dan Kabupaten Kediri.

Suryana selaku Kepala Kantor Bea Cukai Kediri dalam sambutannya mengapresiasi kedatangan para Ketua Osis dan Guru ke Kantor Bea Cukai Kediri dan memberikan pengenalan tentang instansi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. “Tujuan diadakannya kegiatan ini supaya pelajar paham tugas dan fungsi Bea Cukai serta membagikan ilmu yang diterima dari kegiatan ini kepada teman-teman kalian di sekolah.” Ujar Suryana. Beliau juga meminta informasi tentang Bea Cukai dapat dibagikan di website masing-masing sekolah, agar siswa-siswi sekolah tersebut bisa mengakses informasinya dengan mudah.

Selesai sambutan dilanjutkan pemaparan materi yang disampaikan oleh Hendratno dan Sadam dari Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi. Materi yang disampaikan tentang pengenalan Bea Cukai secara umum, ketentuan kepabeanan (barang kiriman pos dan barang bawaan penumpang), serta tips dan trik untuk masuk PKN STAN. “Untuk lolos tes masuk PKN STAN mesti banyak latihan soal, beli buku dan cari contoh soal di internet, selain itu perbanyak ibadah berdoa dan minta restu dari orang tua. Kami tunggu kalian di Bea Cukai” Kata Hendratno sekaligus menutup sesi pemaparan materi yang pertama. Materi kedua disampaikan oleh Firman dari Seksi Penindakan tentang pengawasan Bea Cukai di Kantor Pos lalu bea serta pengenalan alat bantu pengawasan. Dilanjutkan dengan simulasi pemeriksaan narkotika oleh Customs Dog Protector (Unit K-9). Customs Dog Protector Unit (Unit K-9) adalah unit khusus yang bertugas melacak narkotika, psikotropika, dan prekursor dengan menggunakan anjing pelacak.

Kegiatan ini berlangsung sekitar 3 jam dan para peserta yang hadir terlihat antusias menerima materi yang disampaikan, terlebih hampir semua pelajar yang hadir tertarik untuk meneruskan pendidikannya di PKN STAN. Diadakan pula games-games seru yang membuat suasana semakin meriah. Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama dan makan siang bersama.