Pergantian Tahun Anggaran, Bea Cukai Kediri Lakukan Pencacahan Pita Cukai Desain 2018

Share Artikel :

Kediri (07/02/2019) – Bea Cukai Kediri melakukan kegiatan pencacahan pita cukai desain tahun 2018 di empat pabrik rokok wilayah Kota dan Kabupaten Kediri pada tanggal 6 dan 7 Februari 2018. Keempat pabrik rokok yang dikunjungi adalah PT. Gudang Garam, PT. Halim Wonowidjojo, PR. Semanggimas Agung, dan PR. Tiga Rama. Kegiatan ini dilakukan berdasarkan aturan batas lekat pita cukai sesuai Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor 23/BC/2015 tentang pelekatan pita cukai hasil tembakau dan minuman mengandung etil alkohol.

Kukuh Priyono, Kasubsi Pelayanan Kepabenan dan Cukai II mengatakan bahwa batas waktu pelekatan pita cukai desain tahun 2018 paling lambat tanggal 1 Februari 2019. “Untuk pita cukai yang telah melewati batas waktu pelekatan tanggal 1 Februari 2019, akan dilakukan pencacahan oleh Kantor Bea Cukai dan selanjutnya dituangkan dalam berita acara,” ujarnya.

Beliau menambahkan setelah dilakukan pencacahan, Pengusaha Pabrik yang masih ada persediaan pita cukainya mengajukan dokumen pemberitahuan pita cukai yang rusak atau tidak dipakai (PBCK-4), untuk mendapatkan pengembalian cukai. Sesuai Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor 23/BC/2015 pasal 9, pita cukai yang melewati batas waktu, Pejabat Bea dan Cukai melakukan pemusnahan pita cukai dengan cara merusak pita cukai yang bersangkutan.