Publikasikan peraturan baru barang kiriman, Bea Cukai Kediri Talkshow di BRASS FM

Share Artikel :

Kediri (21/09/2018) - Bea Cukai Kediri mengadakan talkshow di Radio Brass FM, Kediri dengan narasumbernya adalah Andyk Budi Widodo selaku Kepala Subseksi Penyuluhan dan Sadam selaku Humas Bea Cukai kediri. Adapun tema yang diangkat pada hari ini yaitu tentang perubahan ketentuan barang kiriman pos dari dan ke luar negeri sesuai dengan PMK nomor 112/PMK.04/2018. PMK ini merupakan perubahan dari PMK nomor 182/PMK.04/2016. Perubahan yang signifikan adalah pembebasan bea masuk dan PDRI yang sebelumnya USD 100, menjadi USD 75 per tanggal 10 Oktober 2018.

Penetapan ini merupakan rekomendasi nilai yang mendapat pembebasan dan diberikan kemudahan pelayanan dari organisasi pabean dunia. Nilai USD 75 ini berasal dari angka Special Drawing Right (SDR) atau mata uang emas dimana definisnya adalah aktiva moneter yang dipegang oleh IMF sebagai bagian dari cadangan internasional mereka. penurunan batas bebas bea masuk dan PDRI ini juga mengakomodasikan masukan untuk menciptakan persaingan sehat antara barang e-commerce dengan IKM.

Diharapkan dengan kegiatan seperti ini, masyarakat mengetahui peraturan tentang barang kiriman yang baru dan informasi tersebut bisa tersebarluaskan lagi ke cakupan yang lenih luas.