Sambangi SMAN 2 Nganjuk, Bea Cukai Beri Wawasan Kepada Generasi Muda

Share Artikel :

Kediri (12/12/2018) - Sebagai bentuk edukasi tentang kepabeanan dan cukai kepada generasi muda, Bea Cukai Kediri melaksanakan kegiatan Customs Goes To School bertempat di SMA Negeri 2 Nganjuk. Acara ini dihadiri oleh perwakilan guru dan murid kelas XII sebagai peserta, serta Kasubsi Layanan Informasi Hendratno yang memberikan materi. Dalam acara tersebut, para siswa diperkenalkan dengan tugas dan fungsi Bea Cukai secara umum, sebagai pelindung masyarakat dari masuknya barang ilegal dan pengumpul penerimaan negara. Selain itu mereka juga diberikan pengenalan seputar Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN), yang merupakan sekolah tinggi kedinasan dibawah naungan Kementerian Keuangan.

Hendratno menyampaikan bahwa Bea Cukai merupakan garda terdepan pelindung masyarakat dari bahaya barang ilegal yang masuk dari luar negeri, oleh karena itu di setiap perbatasan negara ada petugas Bea Cukai yang menjaga. "Menjadi pegawai Bea Cukai merupakan kebanggaan karena tugas yang mereka emban sangat krusial untuk masyarakat dan negara," ujarnya.

Selain itu para peserta yang akan segera lulus SMA di tahun depan juga diberikan pengenalan seputar Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN), yang merupakan sekolah tinggi kedinasan dibawah naungan Kementerian Keuangan. Hendratno berharap diantara para siswa yang hadir nantinya ada yang dapat bergabung di Bea Cukai. "Saya harap diantara kalian yang  hadir nantinya ada yang bergabung dengan kami di Direktorat Jenderal Bea Cukai, untuk bersama menjaga kedaulatan negara," tuturnya.

Selain pemberian materi juga diadakan games dari aplikasi kahoo.it dan tanya jawab untuk makin memeriahkan suasana. Para siswa terlihat sangat antusias, dapat dilihat dari banyaknya siswa yang bertanya terutama seputar Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN). Bea Cukai Kediri berharap dengan kkegiatan ini dapat memicu semangat belajar mereka untuk meraih cita-cita setingginya.