Sejarah KPPBC TMC Kediri

Sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih atau yang lebih dikenal dengan Good and Clean Governance, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) melaksanakan sejumlah program kerja dalam rangka reformasi birokrasi di lingkungan Kementerian Keuangan, yang salah satunya dengan membentuk kantor modern yaitu Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (KPU), Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean, dan Tipe Madya Cukai.

KPPBC Kediri yang semula Tipe A3 telah ditetapkan menjadi Tipe Madya Cukai berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan R.I. nomor 87/PMK.01/2008 tentang Organisasi Dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, telah diimplementasikan secara operasional mulai tanggal 1 September 2008 dengan Keputusan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor KEP-50/BC/2008.

Dengan menerapkan organisasi berbasis sistem administrasi dan manajerial yang modern, sejumlah inovasi telah dilaksanakan KPPBC Madya Cukai Kediri dalam rangka membentuk budaya kerja yang lebih baik, transparan, serta bebas Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme (KKN). Hal tersebut tercermin dari semakin tingginya tingkat kepercayaan dan apresiasi masyarakat serta pengguna jasa (stakeholders) terhadap kinerja dan prestasi kerja KPPBC Tipe Madya Cukai Kediri.

Selain itu, dengan menerapkan sumber daya manusia sesuai standar kompetensi pegawai yang dibutuhkan dalam suatu organisasi, telah turut membantu dalam upaya meningkatkan kinerja pengawasan dan pelayanan, yang pada akhirnya turut membentuk citra KPPBC Madya Cukai Kediri menjadi semakin baik.

Pada kurun waktu antara tahun 2008 sampai dengan tahun 2012 KPPBC Tipe Madya Cukai Kediri telah meraih berbagai penghargaan maupun pengakuan baik terhadap prestasi kerja maupun juga pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa yaitu:

  • Tahun 2009

Penghargaan dari Direktur Jenderal Bea dan Cukai telah diserahkan kepada KPPBC TMC Kediri yang dinobatkan sebagai pemenang pertama kantor percontohan terbaik tingkat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Selanjutnya KPPBC TMC Kediri ditunjuk oleh Kantor Pusat DJBC untuk mewakili dalam lomba kantor dengan pelayanan terbaik tingkat Kementerian Keuangan dengan hasil yang tidak mengecewakan yakni pada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-64 Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyerahkan penghargaan kepada KPPBC TMC Kediri.

  • Tahun 2010

Karena prestasi tersebut oleh Kementerian Keuangan maka KPPBC TMC Kediri ditunjuk lagi untuk mewakili Kementerian Keuangan untuk mengikuti lomba pelayanan prima instansi pemerintah antar kementerian dan sekali lagi tepatnya pada bulan September 2010 melalui Wakil Presiden, KPPBC TMC Kediri menerima Piala Presiden untuk kategori Piala Citra Pelayanan Prima.

  • Tahun 2012

Sedangkan pengakuan atas pelayanan yang telah diberikan kepada pengguna jasa juga diberikan oleh lembaga independen dengan taraf internasional yakni Bureau Veritas yang berkantor pusat di London, Inggris melalui diterbitkannya sertifikat ISO 9001:2008 pada November 2012.

  • Tahun 2013

Meskipun segudang penghargaan dan pengakuan telah diraih namun tidak membuat KPPBC TMC Kediri berpuas diri dan dan terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa dan masyarakat. Hal ini terbukti dengan ditunjuknya kembali oleh Kantor Pusat DJBC untuk mewakili DJBC dan juga salah satu wakil dari Kementerian Keuangan sebagai kantor yang akan ditetapkan menjadi WBK - WBBM (Wilayah Bebas Korupsi - Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) yang dinilai dari Tim Penilai Nasional yang terdiri dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi; Ombudsman Republik Indonesia dan juga Komisi Pemberantasan Korupsi Dan pada Desember 2013 predikat WBK - WBBM disematkan kepada KPPBC TMC Kediri.