Sinergi Bea Cukai dan Disperdagin Kediri Dorong Potensi IKM

Share Artikel :

Kediri (05/11/2018) - Sinergi antara Bea Cukai Kediri beserta Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri mengadakan acara sosialisasi dan fasilitasi peningkatan dan pengembangan ekspor industri kecil menengah. Bertempat di Hotel Lotus Garden acara ini dihadiri 50 pegusaha IKM di wilayah Kota Kediri.

Kegiatan sosialisasi dan fasilitasi industri kecil dan menengah (IKM) ini dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri Yetty Sisworini. Dalam sambutannya beliau menyampaikan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman para pelaku IKM tentang ekspor impor dan memberi motivasi agar pelaku IKM Kota Kediri mampu bersaing di mancanegara.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Kediri, Adiek Marga yang bertindak sebagai narasumber menyampaikan materi tentang fasilitas KITE IKM (Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil Menengah). Beliau menjelaskan bahwa KITE IKM adalah fasilitas pembebasan bea masuk serta tidak dipungut PPN dan PPNBM atas impor barang atau bahan untuk diolah, dirakit dan dipasang pada barang lain dengan tujuan diekspor. Tujuan dari fasilitas ini untuk mendorong pertumbuhan produk IKM dengan branding nasional untuk merebut & mengisi pasar internasional.

"KITE IKM ini merupakan paket kebijakan ekonomi pemerintah, yang diamanatkan kepada Bea Cukai, dengan tujuan meningkatkan ekspor IKM indonesia yang masih cukup rendah dibanding negara lain, untuk dapat tumbuh dan mengisi pasar internasional." Kata Adiek.

Adiek Marga berharap dengan sinergi antara Bea Cukai dan Disperdagin Kota Kediri dalam melakukan kegiatan ini, dapat memberikan wawasan pelaku IKM mengenai ekspor impor dan menumbuhkan keinginan mereka untuk melebarkan usahanya hingga skala internasional.