Sinergitas Bea Cukai Kediri dengan Kampus Magistra Utama Kediri

Share Artikel :

Rabu, 24 Oktober 2018 bertempat di Aula , Bea Cukai Kediri bersinergi dengan Kampus Magistra Utama Kediri dalam acara Campus Goes to Customs bertema “Mengenal Lebih Dekat Bea dan Cukai”. Acara ini diselenggarakan untuk menerima kunjungan mahasiswa dan dosen Magistra Utama Kediri ke Kantor  untuk lebih mengenal lingkungan kerja serta membuka wawasan bea dan cukai.

Diawali dengan sambutan dari Kepala Kantor Bea Cukai Kediri. Suryana yang memberikan apresiasi atas kunjungan para mahasiswa dan dosen Magistra Utama Kediri. Selesai sambutan, acara dilanjutkan dengan materi pengenalan Bea dan Cukai secara umum yang disampaikan oleh Adiek Marga selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi.

Kemudian Kepala Sub Seksi Penyuluhan, Andyk Budi memberikan materi seputar Peraturan Barang Kiriman Pos dan Barang Bawaan Penumpang. Pada materi ini Andyk Budi memjelaskan bahwa ada perubahan nilai de minimis (Nilai yang diberikan pembebasan) yang sebelumnya USD 100 menjadi USD 75 per penerima. Kebijakan pemerintah menanggulangi defisit neraca perdagangan yaitu dengan melakukan dengan pembatasan impor, langkah ini mengakomodasi masukan untuk menciptakan playing field terutama antara barang e-commerce dengan IKM.

Pada sesi terakhir, Tim Humas Bea Cukai Kediri menyampaikan materi seputar peraturan tentang  Cukai. Pada kesempatan ini Tim Humas menjelaskan “apa itu  Cukai”, barang-barang apa yang menjadi obyek cukai dan ciri-ciri barang kena cukai Ilegal.

Acara ditutup dengan game yang telah di siapkan oleh Tim Humas, semua peserta antusias dalam mengikuti game. Diharapkan dengan di adakannya Campus Goes to Customs , para generasi penerus bangsa dapat menambah wawasan mereka tentang Kepabeanan dan Cukai.