Sosialiasasi KITE IKM Melalui Media Komunikasi Radio

Share Artikel :

Kediri (25/05/2018) - Di tengah gencarnya Bea Cukai Kediri sosialisasikan fasilitas KITE IKM (Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil Menengah) kepada masyarakat, radio termasuk salah satu media yang digunakan untuk maksud tersebut. Media komunikasi Radio merupakan salah satu media yang efektif dalam menyampaikan informasi karena masih banyak masyarakat yang menggunakan media tersebut untuk sarana hiburan dan sumber informasi.

Jumat 25 Mei 2018, Bea Cukai Kediri mengadakan kegiatan siaran talkshow di Radio Andika 105,7 FM Kota Kediri. Suryana Kepala Kantor dan Adiek Marga Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Kediri bertugas sebagai narasumber dan dipandu oleh Wiwid Penyiar Andika FM. Dalam memulai talkshow ini Suryana sedikit memberikan pengenalan kepada masyarakat tentang Direktorat Jenderal Bea Cukai dan visi misi serta fungsi utamanya. “Tugas pokok Bea Cukai itu di bidang kepabeanan dan cukai, sesuai dengan misinya yaitu memfasilitasi perdagangan dan industri, menjaga perbatasan dan melindungi masyarakat Indonesia dari penyelundupan dan perdagangan ilegal, serta mengoptimalkan penerimaan negara di sektor kepabeanan dan cukai.” Ujar Suryana.

Masuk ke inti pembahasan yaitu mengenai KITE IKM, Adiek Marga memberikan penjelasan mengenai fasilitas tersebut, “KITE adalah kependekan dari Kemudahan Impor Tujuan Ekspor dan IKM adalah kependekan dari Industri Kecil dan Menengah. Industri Kecil dan Menengah   adalah badan usaha yang melakukan kegiatan ekonomi produktif yang memenuhi kriteria usaha kecil atau usaha menengah sesuai peraturan perundang-undangan di bidang usaha mikro, kecil dan menengah yang mendapatkan fasilitas KITE / IKM. Jadi yang dimaksud dengan KITE IKM ini adalah fasilitas KITE yang diberikan oleh Bea Cukai untuk Industri Kecil dan Menengah.” Kata Adiek Marga menjelaskan. Lalu dijelaskan pula kemudahan-kemudahan yang didapat oleh pengusaha IKM yang mendapatkan fasilitas tersebut, seperti diberikan kebebasan tarif bea masuk dan pajak impor saat impor bahan baku, mesin, ataupun barang contoh.

Beberapa pertanyaan juga disampaikan oleh pendengar Radio Andika FM kepada Bea Cukai salah satunya mengenai syarat IKM untuk mendapat fasilitas tersebut dan dijawab oleh narasumber. “Syarat untuk mendapat fasilitas KITE IKM pengusaha IKM harus sudah menyerahkan surat izin usaha industri, menyerahkan fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), menyerahkan fotokopi SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Badan tahun terakhir, memiliki atau menguasai lokasi paling kurang selama 2 (dua) tahun untuk kegiatan produksi, dan untuk pengajuannya bisa dilakukan di Kantor Bea Cukai Kediri asal alamatnya masih berada di wilayah Pemkab pemkot Kediri, Pemkab Nganjuk dan Pemkab Jombang.” Tutur Suryana menjawab pertanyaan dari pendengar. Kegiatan talkshow radio ini berlangsung sekitar satu jam dan berakhir jam sepuluh pagi.