Tasyakuran dan motivasi atas Capaian Kinerja Kantor Bea Cukai Kediri di Tahun 2018

Share Artikel :

Kediri (17/01/2019) - Usaha keras disertai inovasi akan membuka jalan menuju sukses. Pada hari Kamis tanggal 17 Januari 2019 bertempat di aula lantai 3 pukul 10.00 WIB, Kantor Bea Cukai Kediri mengadakan acara “Syukuran  Capaian Kinerja Tahun 2018”. Acara ini merupakan wujud syukur atas hasil  yang sudah dicapai oleh Kantor Bea Cukai Kediri. Untuk diketahui bersama bahwa Kantor Bea Cukai Kediri berhasil mencapai penerimaan sebesar 18,48 triliun rupiah  atau 103,01% dari target yang ditetapkan sebesar 17,94 triliun rupiah yang mengakibatkan pertumbuhan penerimaan sebesar 8,86% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.         

Acara ini mengambil tema “ Manajemen Waktu Sebagai Salah Satu Parameter Kesuksesan Kinerja”. Sebagai narasumber dari acara ini adalah Chintya Stefani dari Bank Mandiri. Undangan hanya dialamatkan pada para pejabat dan pegawai di lingkungan Kantor Bea Cukai Kediri.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kantor Bea Cukai Kediri, Suryana. Pada sambutannya Suryana menekankan bahwa, apa yang dicapai oleh Kantor Bea Cukai Kediri adalah hasil kerja keras atau “extra effort”  dari para pegawai. Semua unsur yang berada di bawah naungan Kantor Bea Cukai Kediri sudah memberikan  kontribusi yang positif atas capaian yang sudah diraih. Untuk indeks Kepuasan Pengguna Jasa pada tahun ini, Kantor Bea Cukai Kediri memperoleh hasil 4,96. Memang terjadi penurunan bila dibandingkan hasil di tahun 2017, tetapi itu merupakan hasil obyektif yang bisa diraih oleh Kantor Bea Cukai Kediri. Di akhir kata sambutannya, Suryana menggaris bawahi supaya tidak terlalu cepat berpuas diri. Apa yang sudah diraih harus dipertahankan dan bila memungkinkan bisa lebih ditingkatkan. Suryana berharap, di tahun 2019 Indeks Kepuasan Pengguna Jasa bisa mencapai 4,99.

Penampilan Fleksi Band merupakan daya tarik tersendiri dari penyelenggaraan acara ini. Personel dari band ini adalah para pejabat dan pegawai Kantor Bea Cukai Kediri. Suryana selaku Kepala Kantor dan penabuh drum adalah inspirator dari pembentukan “Fleksi Band”. Setelah menyajikan dua lagu berturut-turut dan mendapatkan apalus dari para hadirin, acara berlanjut pada pemberian motivasi dari narasumber  Chintya Stefani.

Pada awal penyajiannya Chintya Stefani menggambarkan bahwa tugas dan kegiatan kantor bisa dikategorikan pada empat quadran. Quadran itu dikelompokkan berdasarkan tingkat kepentingan pada suatu tugas dan pekerjaan. Chintya juga mengemukakan bagaimana harus bersikap saat menghadapi tugas mendadak yang dibebankan kepada para pegawai. Pada sesi terakhir dijelaskan cara mengelola pekerjaan dengan baik. Dari mulai perencaan dalam hal waktu sampai penyelesaian pekerjaan. Dengan penyajian motivasi ini, diharapkan pegawai Bea Cukai Kediri dapat meningkatkan komitmen dalam bekerja menuju Bea Cukai Makin Baik.