Upacara Peringatan Sumpah Pemuda dan Hari Oeang RI Ke-71

Kediri – Tepat tanggal 30 Oktober 2017, Indonesia memperingati Hari Oeang yang ke-71. Seperti biasanya, peringatan ini ditandai dengan upacara bendera oleh pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan.

Senin (30/10/2017), Bea Cukai Kediri menggelar upacara bendera di halaman KPPN Kediri. Upacara diikuti oleh seluruh instansi yang berada di bawah Kementerian Keuangan yakni Kantor Bea Cukai Kediri, KPPN Kediri, KPP Pratama Pare, dan KPP Pratama Kota Kediri. Selain itu undangan dari Komunitas Keuangan Kediri  turut hadir dalam upacara.

Sejak pukul 07.15 WIB, peserta upacara telah bersiap dengan seragam putih hitam serta bagi para pejabat menggunakan pakaian adat nusantara. Dimulai pukul 07.30 WIB, upacara peringatan Hari Oeang ke 71 sekaligus peringatan Sumpah Pemuda dipimpin oleh Kepala Kantor Bea Cukai Kediri, Suryana yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dalam upacara kali ini, Suryana menyampaikan sambutan Menteri Keuangan republik Indonesia, Sri Mulyani pada peringatan Hari Oeangke-71 di Lingkungan Kementerian Keuangan. Dalam sambutannya, Menteri Keuangan menyampaikan pentingnya keberadaan tugas Kementerian Keuangan  untuk mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan Republik Indonesia. Ia pun menekankan kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan harus mampu menjaga komitmen yang kuat untuk memelihara kepercayaan rakyat dengan membangun Kementerian Keuangan yang kompeten, profesional dan berintegritas. Sri Mulyani juga mengajak seluruh pejabat dan pegawai untuk memaknai peristiswa bersejarah yakni Sumpah Pemuda dengan bekerja secara disiplin, jujur, profesional dan berintegritas demi Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera sesuai cita-cita pendiri bangsa.

Selesai pembacaan sambutan Menteri Keuangan, kemudian dilanjutkan dengan penganugerahan Satyalencana Karya Satya kepada beberapa pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan yang telah setia mengabdi kepada bangsa dan negara.

Upacara diakhiri dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan  ramah tamah.